Serunya Berkuda di Pulau Sumba

18 Januari 2020 141x Sumba

Beranda » Sumba » Serunya Berkuda di Pulau Sumba

Karena terkenal dengan padang rumput atau sabana yang luas, maka aktivitas berkuda menjadi salah satu hal yang menyertainya. Berkuda di Sumba merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain memiliki pemandangan yang indah, sabana-sabana tempat menggembala kuda dan domba juga terhampar begitu luas dan menghijau pada musim penghujan.

Patung Kuda Kota Waikabubak

Sensasi Naik Kuda Sandel

  • Mengenal kuda Sandel

Kuda Sandel merupakan kuda pacu asli Indonesia yang berasal dari persilangan antara kuda poni lokal dengan kuda keturunan Arab. Awalnya, tujuan penyilangan ini adalah untuk memperbaiki tampilan kuda lokal. Kuda ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Sumba. Kuda ini dipercaya sebagai kendaraan para leluhur masyarakat setempat.

Kuda ini awalnya hanya menjadi kendaraan bagi masyarakat, namun seiring berjalannya waktu kuda ini dijadikan sebagai mahar, cendera mata untuk adat, dan kendaraan yang dibawa pada saat upacara pemakaman. Setiap tahunnya akan akan diadakan sebuah festival menunggang kuda yang disebut dengan Pasola.

  • Parade 1001 Kuda Sandelwood

Pada parade 1001 Kuda Sandelwood, peserta yang akan turut serta dalam festival akan menginap selama satu malam di setiap kabupaten. Selain itu juga bersamaan dengan festival ini akan diadakan festival tenun ikat yang dilaksanakan di Tambolaka. Festival ini bisa dikunjungi sekitar bulan Juli setiap tahunnya dan sudah banyak wisatawan yang datang ke festival ini baik lokal maupun mancanegara.

Di festival ini pernak-pernik akan menjadi hiasan untuk kuda-kuda yang akan menjadi peserta dalam fetival ini. Kuda-kuda ini akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan setiap joki kuda yang mengenakan pakaian adat. Selain warga setempat, untuk wisatawan juga telah disediakan kuda-kuda yang dapat ditunggangi menuju destinasi wisata yang ada di Sumba.

Wisatawan dapat menghabiskan liburan dengan menikmati sensasi menunggang kuda dengan ditemani panorama Sumbawa yang menawan. Tak perlu khawatir karena terdapat pemandu yang akan menemani Anda ketika menaiki kuda. 

Wisata menunggang kuda di Sumbawa bisa menjadi daftar agenda Anda untuk mendapatkan pengalaman yang baru dan menyenangkan sekaligus menguji adrenalin Anda saat menaiki kuda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.